Manfaat Memasak Menggunakan Electric Pressure Cooker / Presto Listrik

Infinito Electric Pressure CookerSetidaknya ada beberapa manfaat memasak menggunakan Electric Pressure Cooker atau juga yang biasa kita sebut sebagai presto listrik, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Menghemat Waktu & Energi
Presto listrik adalah peralatan dapur yang hemat energi, nomor dua setelah microwave. Ada dua faktor utama yang berkontribusi pada efisiensi energi, yaitu:
– Ruang memasak (panci bagian dalam) terisolasi sepenuhnya, sehingga penanak nasi tidak perlu mengeluarkan banyak energi untuk memanaskan.
Presto listrik membutuhkan cairan yang jauh lebih sedikit daripada metode memasak tradisional, sehingga akan mendidih lebih cepat.
Dibandingkan dengan metode memasak lainnya, seperti memanggang, merebus, atau mengukus, memasak bertekanan dapat mengurangi waktu memasak & penggunaan energi hingga 70%.

2. Pertahankan Vitamin & Nutrisi
Merebus (serta mengukus secara teratur) dapat menyebabkan vitamin yang larut dalam air keluar dari makanan, menurunkan nilai gizinya. Pressure cooker memasak makanan dengan cepat, dalam, dan merata, dan memungkinkan makanan mempertahankan hingga 90% vitamin yang larut dalam air tersebut.

3. Penampilan dan Rasa Makanan Lebih Awet
Memasak dalam wadah terbuka (bahkan wadah dengan tutup) membuat makanan terpapar oksigen dan panas, yang dapat menyebabkan warna kusam dan rasa berkurang. Memasak bertekanan dengan menggunakan pressure cooker membuat makanan jenuh dengan uap, memungkinkan retensi warna cerah dan fitokimia. Demikian pula, desain kedap udara memungkinkan rasa berkembang lebih cepat, dan lebih mendalam.

4. Menghilangkan Mikroorganisme Berbahaya
Dengan menciptakan lingkungan yang memungkinkan air mendidih pada suhu lebih tinggi dari 100 ° C (212 ° F), pressure cooker memeiliki kelebihan yang luar biasa dalam kemampuannya yang multifaset yang secara efektif menghancurkan bakteri berbahaya.

Kompor bertekanan juga dapat digunakan untuk menetralkan berbagai racun alami, seperti phytohaemagglutinin, lektin yang ditemukan dalam kacang merah. Keracunan phytohaemagglutinin dapat terjadi karena menelan sedikitnya 5 kacang merah yang kurang matang, tetapi tekanan memasak selama 10 menit telah terbukti mengurangi unit haemagglutinating (agen beracun) ke tingkat yang aman.

Contoh lain adalah aflatoksin, mikotoksin berbasis jamur yang dapat terjadi ketika beras, gandum, jagung, dan kacang-kacangan disimpan secara tidak benar dan terkena kelembapan. Merebus saja tidak sepenuhnya menghancurkan aflatoksin, tetapi sebuah studi tahun 2006 oleh para peneliti Korea menemukan bahwa suhu memasak bertekanan cukup untuk mengurangi konsentrasi aflatoksin ke tingkat yang aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *